Personal blog yang mengupas masalah kesehatan, kecantikan, pelajaran dan masih banyak lagi.

8 Jenis Paragraf dengan Contoh Lengkap


Paragraf atau sering juga disebut alinea adalah sekumpulan kalimat yang saling berkaitan antar kalimat satu dengan kalimat yang lainnya.

Paragraf dibedakan menjadi dua bagian yaitu paragraf yang berdasarkan letak gagasan utama dan paragraf yang berdasarkan bentuk penyampaiannya. Paragraf yang berdasarkan letak gagasan utama dibagi menjadi tiga yaitu, paragraf deduktif, induktif, dan campuran. Paragraf yang berdasarkan bentuk penyampaiannya dibagi menjadi lima yaitu, paragraf argumentasi, deskripsi, eksposisi, persuasi, dan narasi.

Paragraf yang berdasarkan letak gagasan utama :

Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang meletakkan gagasan utamanya pada kalimat utama atau di awal paragraf, paragraf deduktif diawali dengan pernyataan yang bersifat umum dan kemudian dilengkapi dengan penjelasan-penjelasan khusus, pola kalimatnya adalah dari umum kekhusus.

Ciri-ciri kalimat deduktif adalah:
  • Kalimat utamanya berada diawal kalimat
  • Kalimat disusun dari pernyataan umum yang kemudian dijelaskan dengan penjelasan khusus.
Contoh paragraf deduktif :
Formalin masuk ke dalam tubuh manusia melalui pernapasan. Sehari-hari kita menghirup formalin dari lingkungan sekitar. Polusi yang dihasilkan oleh asap knalpot dan pabrik, mengandung formalin yang mau tidak mau kita hirup, kemudian masuk kedalam tubuh.

Pada contoh di atas yang berhuruf miring adalah gagasan utama pada paragraf.

Paragraf Induktif

Paragraf induktif merupakan kebalikan dari paragraf deduktif. Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak pada bagian akhir paragraf. Paragraf ini diawali dengan kalimat-kalimat penjelas yang berupa fakta, contoh-contoh, bukti-bukti ataupun rincian khusus lalu disimpulkan dalam satu kalimat pada akhir paragraf, pola kalimatnya adalah dari khusus keumum.

Ciri-ciri paragraf induktif adalah :
  • Diawali dengan penjelasan-penjelasan khusus
  • Lalu, digeneralisasikan menjadi sebuah kesimpulan berdasarkan penjelasan-penjelasan khusus
  • Kesimpulan yang merupakan kalimat utama terdapat di akhir Paragraf

Contoh paragraf induktif
Formalin digunakan untuk anti bakteri atau pembunuh kuman, formalin juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk dalam bentuk urea, bahan pembuatan produk parfum, pengawet produk kosmetik, pengeras kuku, dan bahan untuk insulasi busa. Itulah manfaat-manfaat formalin dibidang industri.

Pada contoh di atas yang berhuruf miring adalah gagasan utama pada paragraf.

Paragraf Campuran

Paragraf campuran merupakan jenis paragraf yang terbentuk dari gabungan pola paragraf induktif dan deduktif, dengan kata lain paragraf campuran memiliki kalimat utama di awal dan akhir paragraf. Paragraf ini diawali dengan pernyataan umum kemudian diikuti pernyataan khusus dan diakhiri dengan pernyataan umum kembali sebagai kalimat penegas.

Ciri-ciri paragraf campuran adalah :
  • Terdapat kalimat utama di awal paragraf dan kemudian ditekankan kembali diakhir paragraf
  • Adanya pengulangan atau variasi pada beberapa kata di awal dan di akhir paragraf.

Contoh paragraf campuran :
Instagram adalah salah satu media sosial yang menjadi tempat memperlihatkan foto-foto dan video secara online. Hampir setiap detik selalu ada saja yang mengunggah foto-foto atau video disitus online ini. Foto-foto dan video yang diunggah para pengguna instagram adalah foto-foto dan video diri mereka sendiri, foto-foto dan video bersama teman-teman, keluarga, ataupun foto-foto dan video disaat mereka jalan-jalan. Melalui situs ini, para teman atau kerabat bisa berkomentar atau hanya sekedar menyukai foto dan video tersebut. Kecepatan dan kemudahan inilah yang membuat instagram dirasa sebagai tempat memperlihatkan foto-foto dan video yang paling tepat.

Pada contoh di atas yang berhuruf miring adalah gagasan utama pada paragraf.

Paragraf yang berdasarkan bentuk penyampaian :

Paragraf Argumentasi

Paragraf Argumentasi adalah paragraf yang menjelaskan berkenaan dengan suatu permasalahan tertentu dengan menyajikan data-data yang otentik untuk mempertahankan pendapat penulis. Jenis paragraf argumentasi sering ditemukan dalam artikel ilmiah seperti penemuan ataupun inovasi. Jenis paragraf ini juga sering ditemukan diproposal perencanaan dan sejenisnya.

Ciri ciri paragraf argumentasi meliputi :
  • Untuk penulisan karya tulis yang bersifat ilmiah
  • Memberikan asumsi yang bertujuan untuk memberikan keyakinan kepada orang lain, bahwa apa yang dikemukakan merupakan kebenaran
  • Menyertakan  bukti-bukti yang mendasari argumen tersebut berupa data, tabel, gambar dan sebagainya
  • Terdapat kesimpulan di akhir paragraf

Contoh paragraf argumentasi :
Saat ini formalin banyak ditemukan di sejumlah produk pangan. Produk pangan yang memakai formalin sebagai pengawat diantaranya tahu, ikan asin dan mie basah. Investigasi dan pengujian laboratorium yang dilakukan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (POM) dijakarta, produk-produk pangan yang berformalin tersebut ditemukan dijual disejumlah pasar dan supermarket di wilayah DKI Jakarta, Banten, Bogor dan Bekasi.

Paragraf Deskripsi

Paragraf Deskripsi adalah jenis paragraf yang di dalamnya menggambarkan tentang keadaan suatu objek sedetai-detailnya. sehingga para pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek tersebut. Objek tersebut dapat berupa orang, benda, atau tempat.

Ciri ciri paragraf deskriptif yaitu :
  • Paragraf yang melukiskan objek tertentu seperti, orang, benda, tempat, keindahan alam dan sebagainya
  • Pembaca bisa terbawa ke dalam alur cerita karya tulis, seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek tersebut.

Contoh paragraf deskripsi :
Echa memiliki wajah yang dihiasi mata bulat yang bersinar dengan bulu mata lentik dan tebal, alis yang hitam dan tebal, hidung yang mancung, serta pipi yang merah merona dengan bibir tipis. Ditambah lagi dengan tubuh yang semampai, dengan tinggi kira-kira 165cm, berat badab 50kg, dia juga memiliki rambut yang hitam, lurus dan panjang sepinggang, dengan kulit badan kuning langsat yang membuat tampilannya semakin menarik.

Paragraf Eksposisi

Merupakan jenis paragraf yang tulisannya memberikan informasi mengenai sebuah teori, teknik, kiat, atau petunjuk sehingga orang yang membacanya akan bertambah wawasan. Paragraf Eksposisi biasanya ditemukan diresep obat, diberita-berita, Koran-koran, dan hal-hal lain yang bisa memberikan informasi dan menambah wawasan pembaca ketika membaca paragraf tersebut.

Ciri-ciri paragraf eksposisi meliputi :
  • Paragraf yang mengandung informasi untuk menambah wawasan pembaca
  • Karya tulis yang bersifat nonfiksi atau ilmiah
  • Bertujuan menjelaskan dan memaparkan sesuatu yang berdasarkan fakta
  • Tidak bermaksud mempengaruhi pembaca

Contoh paragraf eksposisi
Program pertukaran guru BIPA IALF Bali dengan Departemen Pendidikan NSW ( New South Wales ) dan Westralian Indonesian Language Teacher Association ( WILTA ) Australia Barat, telah memberikan kesempatan kepada guru-guru untuk pergi dalam program tersebut salah satunya yaitu Ni Komang Wartini, guru BIPA pertama di IALF Bali. Beliau berkeliling selama satu bulan di Australia Barat ( 24 Mei – 26 Juni 2000 ). Di sana beliau tidak hanya bertugas mengajar dan menjadi konsultasi bahasa, tapi beliau juga memberikan lokakarya tentang pengajaran Bahasa dan Budaya Indonesia dengan kartun dan komik yang beliau kembangkan sendiri.

Paragraf Persuasi

Persuasi artinya mengajak, Paragraf persuasi adalah paragraf yang bertujuan meyakinkan dan membujuk juga bersifat mempengaruhi pembaca agar mempercayai, menerima dan melaksanakan gagasan penulis terhadap suatu hal.

Ciri-ciri paragraf persuasi :
  • Bahasa yang digunakan dibuat menarik untuk memberikan kesan kepada pembaca
  • Paragraf yang bertujuan untuk meyakinkan, membujuk,  dan mempengaruhi, pembaca
  • Terdapat bukti dan fakta yang mempengaruhi pembaca agar mempercayai, menerima dan melaksanakan suatu hal yang menjadi gagasan penulis

Contoh paragraf persuasi
Untuk memilki tubuh yang ideal tidak cukup hanya dengan menjaga pola makan sehat. Olahraga juga sangat penting untuk dilakukan secara rutin, olah raga yang cocok untuk menjaga tubuh agar tetap ideal adalah dengan latihan kardio. Latihan kardio membantu jantung untuk berdetak lebih kencang dan memompa darah lebih ekstra. Latihan kardio sangat ampuh untuk membakar lemak di tubuh dengan cepat. Lakukan Latihan kardio saat pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum makan. Anda bisa melakukan latihan kardio yang berbeda-beda di tiap harinya untuk mencegah kebosanan, seperti lari, bersepeda, senam, dan yang lainnya. Dengan menjaga pola makan sehat dan rajin berolahraga Anda akan mendapatkan tubuh yang ideal.

Paragraf Narasi

Paragraf narasi adalah jenis paragraf yang menceritakan serangkaian peristiwa atau kejadian secara kronologis, berdasarkan keterangan waktu yang jelas, dalam paragraf narasi umumnya terdapat alur cerita, tokoh dan latar. Paragraf narasi dapat ditemukan dalam banyak cerita fiksi dan non fiksi.

Ciri ciri paragraf narasi :
  • Paragraf yang banyak ditemukan dicertita fiksi dan non fiksi
  • Terdapat tokoh, tempat, waktu, dan suasana dalam cerita
  • Mementingkan urutan waktu maupun urutan peristiwa

Contoh paragraf narasi :
Liburan kali ini aku dan keluarga berlibur ke kampung bapak, yaitu Kapuas. Pagi hari tanggal 16 Juni, saya sudah berbenah dan menyiapkan seluruh bekal yang dibutuhkan. Saya juga membantu adik saya menyiapkan pakaian dan bekal-bekal yang dia butuhkan. Sepanjang perjalanan, aku dan keluarga sangat menikmati perjalan dan pemandangan yang disuguhkan oleh alam dengan sangat indah dan mempesona. Aku dan adikku pun tak berhenti bercanda, sekali-kali ibu dan bapak ikut tertawa mendengar candaan kami. Tak terasa perjalanan selama 7 jam sudah kami lewati, kamipun sampai. Sesampainya si kampusng, kami disambut nenek dan kakek. Suasana di rumah nenek sangat ramai, ternyata ada saudara sepupu juga yang sedang berlibur, liburan kali ini pasti akan sangat menyenangkan dan berkesan.




Related : 8 Jenis Paragraf dengan Contoh Lengkap

0 Komentar untuk "8 Jenis Paragraf dengan Contoh Lengkap"