Personal blog yang mengupas masalah kesehatan, kecantikan, pelajaran dan masih banyak lagi.

5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Berpidato


Persiapan paling penting untuk berbicara di depan publik adalah membangun rasa percaya diri dan mengendalikan rasa takut dan emosi, kesiapan mental yang positif merupakan syarat mutlak bagi Anda dalam berbicara di depan publik. Pidato merupakan penyampaian dan penanaman pikiran, informasi atau gagasan dari pembicara kepada khalayak ramai.



Hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika akan berpidato adalah :

  1. Penampilan, pastikan penampilan Anda telah dipersiapkan dengan baik, penekanannya adalah bagaimana sikap Anda pada saat tampil, yaitu rileks percaya diri, meyakinkan dan tidak gugup.
  2. Cara berpidato/teknik berpidato, Anda harus memperhatikan volume suara, artikulasi, intonasi, tempo, dan kecepatan pada saat Anda berbicara, juga penguasaan publik dan dapat berkomunikasi secara dalam dan luas.
  3. Penguasaan materi, Anda harus menguasai materi yang akan anda sampaikan kepublik, materi bisa langsung Anda hapalkan kalau Anda merasa yakin bisa menyampaikan pidato tersebut tanpa naskah, apabila anda merasa kurang yakin dan ragu-ragu Anda bisa menyampaikan pidato berdasarkan naskah dan catatan singkat yang sudah Anda persiapkan.
  4. Artikulasi, penguasaan kata demi kata harus jelas. Berbicara dengan jelas dan atur suara Anda sehingga semua audien bisa mendengar suara Anda, jangan bertetiak hanya agar suara Anda terdengar keras.
  5. Kemampuan diri, Anda harus yakin kepada kemampuan diri Anda sendiri dan jadilah diri sendiri pada saat Anda berpidato.
Sebelum anda berpidato sebaiknya Anda melakukan latihan dirumah dengan berdiri didepan cermin, Anda bisa langsung mengoreksi penampilan Anda sendiri karena Anda akan langsung melihat diri Anda sendiri.



Related : 5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Berpidato

1 Komentar untuk "5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Berpidato"