Personal blog yang mengupas masalah kesehatan, kecantikan, pelajaran dan masih banyak lagi.

3 Cara Menyampaikan Pidato dengan Mudah dan Efektif


Mempersiapkan pidato apalagi untuk pertama kali merupakan hal yang menegangkan. Anda memilki 3 pilihan dalam menyampaikan pidato :



  1. Naskah, Anda bisa memilih menyampaikan pidato Anda dengan menggunakan naskah. Menyampaikan pidato dengan naskah akan membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda. Namun dengan cara ini Anda akan sangat terpaku pada tulisan naskah dan kehilangan peluang untuk menyampaikan pidato secara alami, Anda juga mungkin akan sulit untuk menatap audien karena Anda harus terus membaca naskah. Agar hal tersebut tidak terjadi Anda harus mempelajari dulu naskah yang Anda persiapkan, sehingga Anda bisa menangkap pokok pikiran naskah pidato Anda, dengan begitu Anda tidak harus terus terpaku pada naskah dan bisa sesekali menatap audien sambil terus menyampaikan pidato Anda.
  2. Catatan Singkat, Alternatif kedua yang bisa Anda pilih adalah dengan menggunakan catatan singkat. Catatan singkat sebaiknya terdiri dari beberapa poin-poin penting pidato Anda. Lalu poin-poin itu diberi catatan penjelas agar memudahkan Anda menguraikannya kepada audien. Pada saat berpidato sesekali Anda bisa melihat kecatatan Anda, sambil Anda terus berbicara kepada Audien. Menggunakan catatan singkat ini cukup efektif karena Anda bisa berbicara langsung kepada audien dan Anda tidak perlu terus-menerus menatap catatan Anda.
  3. Hapalan, bila Anda tidak ingin kehilangan konsentrasi dengan melihat naskah dan catatan, Anda bisa menghapal pidato Anda. Tapi hindari menghapal naskah pidato kata demi kata, untuk menghindari agar Anda tidak terlihat seperti membaca buku. Pertama, ringkas isi pidato Anda, lalu buat ke dalam catatan ringkas serta penjelasnya. Tugas Anda adalah menghapal poin-poin penting dan mengembangkannya secara sendiri alami. Lakukan latihan berkali-kali sebelum mulai berpidato. Anda bisa berlatih di depan cermin, teman atau saudara Anda.




Related : 3 Cara Menyampaikan Pidato dengan Mudah dan Efektif

0 Komentar untuk "3 Cara Menyampaikan Pidato dengan Mudah dan Efektif"