Personal blog yang mengupas masalah kesehatan, kecantikan, pelajaran dan masih banyak lagi.

8 Trik Bunda Cerdas Membiasakan Anak Makan Sehat


Hidup sehat dapat dimulai dari pola makan yang terbentuk dari kebiasaan sehari-hari yang berulang-ulang, melatih anak sejak dini menjalani pola makan sehat memang gampang-gampang susah, karena tidak semua anak menyukai Sayuran, buah-buahan, dan makanan bergizi lainnya. Membiasakan anak mengenali jenis-jenis makanan disertai cara makan yang baik akan sangat membantu anak membangun gaya hidup sehat. Makanan sehat dapat membantu mempertajam daya ingat serta meningkatkan kemampuan kognitif anak.


Untuk membiasakan anak untuk melakukan pola hidup sehat dengan makanan sehat bunda dapat memulainya dengan cara berikut :
  • Kondisikan makanan yang ada dirumah bunda dengan makanan-makanan sehat ditempat yang mudah terjangkau. Contohnya, selain menyediakan buah dilemari pendingin,sediakan juga buah pada mangkok di meja depan televisi dan dimeja makan.
  • Berikan anak kesempatan untuk memberikan usulan makanan yang dia inginkan, bunda dapat memenuhi keinginannya sekaligus memasaknya dengan sehat.
  • Libatkan anak dalam berbelanja bahan makanan dan mempersiapkan masakan, dengan begitu bunda juga menjadi lebih mengenal pilihan anak dan bunda dapat menjadikan makanan yang anak suka.
  • Buat camilan sehat, bunda memang harus selalu menyediakan snack sehat untuk anak. Tapi jangan juga membuat anak ‘ngidam’ snack kegemarannya. Ini justru berbahaya, karena bisa jadi mereka malah makan berbagai snack jika di luar pengawasan Ibu. Lebih baik siapkan berbagai biskuit dan cokelat yang disukai anak, agar ia bisa memakannya sesekali. Tapi pastikan biskuit atau cokelat pilihan Ibu mengandung bahan-bahan yang sehat dan gula yang sedikit. Permen tetap tidak disarankan. Pilihan lainnya adalah cereal-cereal sehat seperti NestlĂ© HONEY Stars dan NestlĂ© KOKO KRUNCH yang pasti disukai si Kecil. Sajikan camilan sehat yang dibuat sendiri agar anak terlatih memilih camilan bersih dan sehat. Camilan dapat disajikan di waktu tertentu dan tidak terus-menerus untuk menghindari kelebihan berat badan pada anak.
  • Ajak anak untuk mengonsumsi air mineral yang cukup, salah satunya dengan tidak menyediakan minuman ringan atau berkadar gula tinggi di rumah.
  • Latih anak makan teratur, ajarkan anak untuk mengetahui waktu-waktu tertentu untuk makan bersama. Jika sarapan, makan siang dan makan malam konsisten dilakukan setiap hari, maka anak pun akan terlatih memiliki jam makan yang teratur.
  • Perhatikan porsi makan anak, jangan memaksa anak untuk menghabiskan makanan yang sudah disajikan untuknya. Biarkan anak menghabiskan makanan sebisanya, sehingga bunda bisa mengukur porsi yang cocok untuk anak.
  • Jadilah contoh, segala usaha di atas tak akan berguna jika bunda tetap menyantap menu-menu tak sehat di depan anak. Menjadi contoh sangatlah penting, karena anak akan meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Jadi, mulailah pola makan sehat dari diri sendiri ya bun.

Selamat Mencoba bunda-bunda cerdas.


Related : 8 Trik Bunda Cerdas Membiasakan Anak Makan Sehat

0 Komentar untuk " 8 Trik Bunda Cerdas Membiasakan Anak Makan Sehat"