Personal blog yang mengupas masalah kesehatan, kecantikan, pelajaran dan masih banyak lagi.

4 Trik Jitu Membiasakan Anak Tidur Siang dan 6 Manfaat Tidur Siang Untuk Anak


Selain makan dan minum, tidur juga merupakan kebutuhan anak yang harus terpenuhi, kurang tidur tidak hanya menjadikan tubuh anak tidak bugar, tetapi juga menghambat perkembangan anak. Tidur siang membantu anak untuk mengistirahatkan tubuhnyan luar-dalam, meski terkesan sepele tidur siang sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Laju pertumbuhan tubuh anak yang terbiasa tidur siang dan tidak sangat berbeda.

Disaat  anak tertidur dengan lelap , hormon pertumbuhan atau Human Growth Hormone merangsang pertumbuhan tubuh anak, sehingga lewat stimulasi tidur siang proses tumbuh kembang anak bisa lebih maksimal. Hormon pertumbuhan ini sendiri diproduksi oleh otak dan bekerjasama dengan sistem hormonal tubuh lainnya. Sistem ini akan mendukung pertambahan tinggi badan dan juga kecerdasan otak anak. kurangnya tidur siang dapat mempengaruhi proses pertumbuhan, kecerdasan dan konsentrasi anak. Jika dibiarkan begitu saja, dampak dari tidur siang dapat berpengaruh terhadap kualitas tumbuh kembang anak di masa yang akan datang. Maka dari itu, cobalah untuk mendorong si kecil agar lebih mudah untuk tidur siang. Awalnya mungkin tidak mudah, namun cobalah untuk membiasakannya.

Apabila kebiasaan tidur siang sudah mulai terbentuk, anak akan lebih mudah untuk menjalankannya. Bahkan, bunda pun tidak perlu repot-repot untuk merayunya. Waktu tidur siang anak biasanya satu jam. Meski tidak lama layaknya tidur malam, faktor lelah setelah belajar dan kenyang pasca makan siang ( usahakan sebelum tidur siang anak  sudah makan siang) bisa membuat tidur anak lebih berkualitas.



Bunda-bunda yang ingin membiasakan anaknya untuk tidur siang, cobalah trik-trik di bawah ini:
  • Tentukan jam tidur yang konsisten pada anak, apabila anak diajarkan tidur pada jam yang sama setiap hari, lama kelamaan anak akan terbiasa tidur pada jam yang sama.
  • Ajarkan pada anak perbedaan antara siang dan sore, usahakan anak tidur siang pada siang hari bukan disore hari, kalau anak tertidur disore hari maka dimalam hari anak akan susah diajak tidur.
  • Pastikan badan anak dan tempat tidur sudah bersih dan nyaman, sebelum anak tidur pastikan kalau kondisi tubuh anak bersih, posisi tidur nyaman dan tempat tidur yang bersih dengan tujuan agar anak nyaman ketika akan tidur.
  • Jauhkan dari keramaian / suara yang mengganggu tidur anak, suara keramain akan membuat anak susah untuk tidur siang, jauhkanlah anak dari sumber suara keramaian tersebut agar anak biosa tidur siang dengan nyaman dan mendapatkan kualitas tidur yang baik.
Manfaat tidur siang bagi si buah hati :
  • Waktu bagi tubuh beristirahat, hari-hari si kecil dipenuhi dengan aktifitas dan petualangan yang melibatkan tidak hanya otot tapi juga otak, dan organ-organ ditubuhnya. Saat mereka tertidur adalah saat dimana tubuh mengistirahatkan semua bagianya sehingga saat bagun ia menjadi lebih segar dan siap beraktifitas kembali.
  • Menjaga kesehatan, waktu tidur diperlukan tubuh si kecil untuk mengembalikan tenaga yang digunakan mereka selama beraktifitas saan terbangun. Kebutuhan energi mereka sangat besar karena masa pertumbuhan dan keaktifan mereka. Tidur lelap, adalah waktu yang tepat bagi tubuh si kecil untuk beristirahat serta men Tingkatkan
  • Kemampuan memproses informasi, pada bayi di atas satu tahun, tidur siang bisa membantu mereka meningkatkan kemampuan memproses informasi dan mengaplikasikan pengetahuannya. Itulah fakta ditemukan oleh penelitian yang dilakukan University of Arizona. Saat anak cukup tidur di siang hari, mereka tidak mudah merasa kelelahan sehingga mampu secara optimal menerima, memproses, dan mengaplikasikan informasi yang diterimanya sehari-hari.
  • Mengurangi sakit. Jika si kecil sedang mengalami sakit, termasuk sakit gigi atau karena keseleo, mendapatkan waktu tidur yang cukup dipercaya dapat mengurangi intensitas sakit yang dialami mereka, sayangnya jika si kecil sedang mengalami sakit, mereka lebih cenderung rewel dan susah tidur.
  • Menjaga suasana hati. Anak yang mengalami kurang tidur cenderung lebih rewel, mudah cemas, dan kurang tertarik dengan sekelilingnya. Selain menimbulkan kelelahan, kurang tidur pada si kecil, juga dapat meyebabkan suasana hati yang kurang nyaman.
  • Lebih bahagia, balita di bawah dua tahun yang nggak tidur siang atau waktu tidur siangnya kurang, ternyata lebih cenderung mengalami stres dan nggak bahagia. Akibatnya, saat dewasa, mereka cenderung beresiko mengalami kesehatan mental. Ini bisa terjadi karena saat anak kekurangan waktu tidur, mereka cenderung menjadi rewel, merasa lebih cemas, dan nggak tertarik dengan hal-hal di sekelilingnya. Itulah sebabnya agar anak merasa lebih bahagia, pastikan mereka melakukan tidur siang agar terhindar dari perasaan stres dan cemas.


Related : 4 Trik Jitu Membiasakan Anak Tidur Siang dan 6 Manfaat Tidur Siang Untuk Anak

0 Komentar untuk "4 Trik Jitu Membiasakan Anak Tidur Siang dan 6 Manfaat Tidur Siang Untuk Anak"