Personal blog yang mengupas masalah kesehatan, kecantikan, pelajaran dan masih banyak lagi.

3 Langkah Mudah Membentuk tubuh Atletis dengan Dada yang Berotot


Memiliki tubuh atletis dengan dada bidang yang menonjol, akan membuat kpenampilan kaum pria semakin macho. Semua pria pasti mendambakan tubuh Atletis dengan dada bidang yang berotot. Membentuk tubuh atletis dengan dada yang berotot tidaklah instant. Butuh proses dengan semangat yang tinggi tanpa keputusasaan, juga kedisiplinan Anda untuk melakukan tahap demi tahap sampai andai mendapatkan tubuh atletis dengan dada bidang yang berotot seperti yang Anda inginkan.
Jangan hanya bersemangat diawal-awalanya saja, tapi Anda harus memiliki semangat sampai Anda mendapatkan tubuh yang Anda inginkan, karena setiap hal yang Anda lakukan pasti membutuhkan proses dan kedisiplinan Anda. Jangan berhenti di tenganh jalan semangat Anda harus tetap Anda jaga dengan mengingat apa yang ingin Anda capai.


  • Langkah Awal Untuk mendapatkan tubuh atletis dengan dada yang berotot adalah anda harus melakukan diet yang sehat. Hindari makanan tertentu dalam melakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan, makanan-makanan yang harus anda konsumsi dan hindari adalah :
  1. Majukan waktu sarapan anda, jika anda selalu sarapan pagi jam 8 pagi, maka anda bisa memajukan waktu sarapan 1 jam lebih awal menjadi jam 7 pagi. Memajukan waktu sarapan akan mempercepat proses pembakaran energi.
  2. Konsumsi buah dan sayur, konsumsilah setidaknya 5 porsi buah dan sayur. Anda dapat memvariasikan jenisnya setiap hari agar tidak merasa bosan. Sayur dan buah-buahan mampu memenuhi kebutuhan tubuh manusia terhadap vitamin, mineral, dan serat. Sayuran yang direkomendasikan Anda konsumsi untuk membantu pembentukan otot adalah  brokoli dan bayam. Sementara itu buah-buahan yang direkomendasikan adalah  nanas, strawberry, alpokat, dan anggur merah.
  3. Perbanyak minum air putih, perbanyaklah anda minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Air putih memiliki banyak manfaat yang istimewa
  4. Putih Telur, putih telur tidak memiliki kolesterol dan lemak, namun memiliki kandungan protein yang tinggi. Hal ini tentunya membuat putih telur sangat efektif dalam hal membantu pembentukan massa otot
  5. Ikan Tuna, Ikan Salmond, dan Minyak Ikan Ikan Tuna dan Salmond memiliki sedikit lemak dan banyak mengandung protein, zat besi, vitamin D, dan omega-3. Ikan tersebut sangat baik untuk membantu perkembangan otot. Sementara itu minyak ikan mampu mengembalikan stamina tubuh dan membantu metabolisme.
  6. Daging ayam dan daging sapi, pilihlah daging ayam terutama bagian dada ayam karena dada ayam mengandung protein yang sangat banyak sekitar 40% yang sangat efektif untuk membangun massa otot. Sebaiknya konsumsi dada ayam dengan cara dikukus atau dipanggang. Jangan digoreng karena jika digoreng sebagian nutrisinya hilang dan terdapat kandungan minyak/lemak berlebih. Sementara itu daging sapi juga layak dikonsumsi karena memiliki kandungan omega3, vitamin A, vitamin E, dan kandungan lemak jenuh yang rendah.
  7. Beras merah, beras merah memiliki banyak nutrisi contohnya karbohidrat kompeks yang mampu memasok energi dan juga berperan sebagai sumber pembangun otot.
  8. Kacang dan biji-bijian, contoh kacang-kacangan dan biji-bijian yang kami sarankan untuk anda konsumsi guna membantu pembentukan otot yakni kacang arab, almond, dan kuinoa.
  9. Susu, yoghurt, dan keju susu memiliki kandungan protein yang membantu pembentukan otot dan memiliki kandungan mineral, vitamin, dan berbagai nutrisi lainnya yang dapat membantu perkembangan dan pemulihan otot. Pastikan anda mengkonsumsi Susu yang rendah lemak. Anda juga disarankan untuk mengonsumsi Yoghurt yang memiliki rasa asli, bukan yang memiliki rasa buah-buahan. Hal ini karena yoghurt rasa asli (tawar) memiliki kandungan nutrisi dan protein yang cukup. Keju juga mengandung banyak protein sehingga mampu membantu pembentukan jaringan otot dan tulang.
  10. Minum multivitamin Jangan sampai tubuh anda mengalami kekurangan vitamin. Anda dianjurkan mengkonsumsi vitamin A, C, E, Glutamin, dan Selenium untuk mencegah timbulnya radikal bebas yang biasanya terbentuk setelah latihan beban
  11. Istirahat dan Tidur yang Cukup 
  12. Hindari makanan berlemak tinggi
  13. Hindari makanan kemasan
  14. Hindari makanan siap saji
  15. Hindari makanan yang digoreng
  16. Hindari maakanan yang mengandung pengawet
  17. Hindari makan dalam jumlah porsi yang besar Makanlah dalam porsi yang tidak terlalu besar.
  • Langkah kedua untuk mendapatkan tubuh atletis adalah anda harus latihan kardio, berbeda dengan latihan beban yang mengutamkan kekuatan otot, Latihan kardio lebih  mengutamakan daya tahan,keseimbangan pernapasan, stamina, dan kinerja jantung. Latihan kardio membantu jantung untuk berdetak lebih kencang dan memompa darah lebih ekstra. Latihan kardio sangat ampuh untuk membakar lemak di tubuh dengan cepat dan dapat mengecilkan perut buncit. Untuk mendapatkan tubuh yang atletis maka anda disarankan latihan kardio saat pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum makan. Anda bisa melakukan latihan kardio yang berbeda-beda di tiap harinya untuk mencegah kebosanan. Contohnya hari senin anda jalan kaki 30 menit, hari selasa berenang, hari rabu mengendarai sepeda, dan sebagainya. Latihan-latihan kardio yang dapat Anda lakukan adalah:
  1. Jalan cepat
  2. Jogging
  3. Lari
  4. Bersepeda
  5. Skipping
  6. Renang
  7. Senam
  • Langkah ketiga adalah melakukan latihan-latihan denga memanfaatkan tubuh kita sendiri sebagai beban latihan, sudah banyak orang yang membuktikan cara ini cukup efektif dalam membentuk tubuh yang Atletis dengan dada yang berotot apabila dilakukan secara rutin dan bisa Anda lakukan di rumah. Latihan-latihan tersebut adalah:
  1. Chair dips | 3 Set 10-12 Repetisi, chair dips tidak hanya mampu membentuk otot dada anda, namun juga dapat membentuk trisep serta bahu. Ketika anda melakukan chair dips maka ketiga otot tersebut akan terlatih sehingga lebih membentuk. Cara melakukan chair dips yaitu pertama-tama dengan memposisikan tangan anda di kursi dengan jarak selebar bahu anda, kemudian angkat badan anda dengan mengkontraksikan otot dada, trisep dan bahu secara bersama sama. Tekuk lutut anda ke arah belakang kemudian turunkan tubuh anda secara perlahan-lahan namun posisi punggung tetap dalam kondisi lurus, setelah itu kembali ke posisi semula dan ulangi.
  2. Rotation pushup | 3 Set 10-12 Repetisi, cara selanjutnya yakni dengan rotation pushup cukup mudah, selain itu rotation pushup juga dapat membantu anda meningkatkan keseimbangan serta meningkatkan koordinasi. Cara melakukannya pertama-tama, posisikan tubuh seperti push up, kemudian buka tangan kanan sampai tubuh miring ke arah kanan, kembali posisi semula dan bergantian dengan tangan sebelah kiri.
  3. Pull up | 3 Set 8-10 Repetisi, pull up dilakukan dengan bantuan palang pullup, selain melatih otot dada pullup juga dapat membentuk otot punggung. Cara melakukannya pertama-tama genggam palang pullup selebar bahu, kemudian pastikan bahwa tubuh anda menggantung lurus pada palang pullup. Naikan tubuh anda, sampai dada anda sejajar dengan palang, kemudian tahan sebentar dan turunkan, lakukan berulang ulang.
  4. Plyometric push up | 3 Set 8-10, repetisi Gerakan ini hampir mirip dengan push up, selain dapat membentuk otot dada latihan ini juga dapat melatih otot trisep secara bersama-sama. Cara melakukannya sangat mudah, pertama-tama ambil posisi tubuh seperti push up. Setelah itu tekan tubuh ke bawah kemudian dorong ke atas sambil mengangkat kedua tangan anda dan posisikan tangan kembali seperti semula. Lakukan hal tersebut berulang-ulang.
Lakukan cara diatas secara rutin karena tidak sedikit orang yang gagal karena tidak menerapkannya secara rutin, Pastikan juga Anda mengkonsumsi makanan penunjangnya.




Related : 3 Langkah Mudah Membentuk tubuh Atletis dengan Dada yang Berotot

0 Komentar untuk "3 Langkah Mudah Membentuk tubuh Atletis dengan Dada yang Berotot"