Personal blog yang mengupas masalah kesehatan, kecantikan, pelajaran dan masih banyak lagi.

5 Cara Mudah dan Praktis Merawat Diri Dari Ujung Kaki Sampai Ujung Rambut dengan Ketumbar


Ketumbar umumnya digunakan sebagai bumbu pelengkapan masakan, karena ketumbar termasuk salah satu bumbu dapur yang paling banyak digunakan selain untuk menambah cita rasa makanan ketumbar juga memilki wangi yang khas. Ternyata ketumbar tidak hanya bermanfaat untuk menambah cita rasa makanan, di dunia kecantikan ketumbar bisa digunakan untuk memperindah tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki. Ketumbar bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat, menghaluskan kulit, mengurangi bau anyir darah persalinan, menghilangkan komedo dan mengatasi rambut rontok. Untuk kamu yang lebih suka memilih cara alami untuk merawat diri, ketumbar adalah salah satu pilihan yang tepat karena sangat aman digunakan, mudah didapatkan dan yang pasti tidak akan menguras isi dompet.
Berikut beberapa cara memanfaatkan ketumbar :



  1. Menyembuhkan Jerawat, jerawat pasti akan sangat menggangu penampilan kamu, kalau didapur ada ketumbar kamu tidak perlu khawatir, caranya siapkan 1 sendok teh ketumbar, sereh, minyak kamomil, dan segeklas air. Lalu, rebus semua bahan sampai mendidih lalu dinginkan. Setelah dingin, haluskan semua bahan hingga menjadi pasta, oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit, cuci dengan air dingin. Lakukan secara rutin sampai jerawat benar-benar menghilang.
  2. Menghaluskan Kulit, kulit halus dan lembut pasti menjadi dambaan setiap wanita, dengan ketumbar kamu bisa memiliki kulit yang halus dan lembut, siapkan 3 sendok teh ketumbar,  4 sendok teh oatmeal, 3 sendok teh susu, 2 sendok teh jus mentimun, dan 5 lembar daun ketumbar yang dicincang. Campurkan semua bahan lalu oleskan keseluruh badan untuk wajah juga bisa diamkan selama 20 menit. Setelah itu bersihkan badan dan wajah menggunakan air dingin, hasilnya kulit akan semakin halus dan lembut, lakukan secara rutin 3-4 kali dalam seminggu.
  3. Mengurangi Bau Anyir Darah Persalinan, bau anyir darah saat melahirkan sudah pasti tidak bisa dihindari oleh setiap perempuan yang akan melahirkan, tapi kadar anyirnya bisa dikurangi dengan ketumbar.  Siapkan 1 ons ketumbar, cuci lalu jemur sebentar kemudian sangrai sampai kering dan renyah lalu simpan dalam toples. Selama masa kehamilan, dari usia satu bulan setiap hari makan satu butir ketumbar setiap hari. Pada bulan ke dua, makan dua butir ketumbar setiap hari, demikian seterusnya sampai usia kehamilan Sembilan bulan. Dengan cara ini aroma anyir yang tidak sedap saat melahirkan akan sangat berkurang, bayipun akan lahir dengan bersih.
  4. Menghilangkan Komedo, sama halnya dengan jerawat komedo juga sangat mengganggu penampilan, tapi jangan khawatir ketumbar bisa menghilangkan komedo. Caranya, buatlah pasta menggunakan satu sendok teh ketumbar yang sudah dihaluskan dicampurkan dengan satu sendok teh air perasan jeruk nipis, lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit, bersihkan dengan air dingin. Lakukan secara rutin sampai komedo benar-benar hilang.
  5. Mengatasi Rambut Rontok, ketumbar mengandung Vitamin dan protein, karena itu ketumbar sangat baik untuk merawat rambut, khususnya untuk mengatasi rambut rontok, caranya siapkan 3 sendok teh ketumbar lalu blender sampai menjadi jus lalu oleskan ke kulit kepala dan rambut diamkan selama 30 menit, Lakukan 2 kali seminggu.

Sangat mudah bukan mempercantik diri dengan ketumbar, selamat mencoba.

 








Related : 5 Cara Mudah dan Praktis Merawat Diri Dari Ujung Kaki Sampai Ujung Rambut dengan Ketumbar

0 Komentar untuk "5 Cara Mudah dan Praktis Merawat Diri Dari Ujung Kaki Sampai Ujung Rambut dengan Ketumbar"