Personal blog yang mengupas masalah kesehatan, kecantikan, pelajaran dan masih banyak lagi.

5 Cara Memilih Daftar-daftar Makanan Sehat dan Pantangan Penderita Diabetes


Diabetes adalah kelainan metabolism di mana terdapat kenaikan kadar gula darah. Hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin atau sel-sel didalam tubuh menjadi kurang peka terhadap insulin. Insulin adalah hormon yang sangat berperan penting dalam membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Artinya jika seseorang terkena diabetes, tubuhnya tidak efektif dalam membakar gula menjadi tenaga sehingga kelebihan glukosa dalam darah.
Gejala-gejala yang terjadi pada penderita diabetes adalah mudah lelah, cepat lapar, cepat haus, buang air kecil lebih sering daripada biasanya, mulut kering, kulit gatal dan penglihatan kabur.Bagi penderita diabetes, memilih asuapan makanan sangatlah penting. Sebab, ada makanan yang baik untuk dikonsumsi ada juga makanan yang sebaiknya dihindari, agar lebih dapat mengontrol gula darah.Peningkatan kadar gula dalam darah pada pengidap diabetes dapat beresiko terhadap kesehatan seperti kelelahan, pusing, kerusakan saraf, penyakit jantung, hingga mengalami kebutaan bahkan kesadaran menurun.
Pola makan teratur sangat dianjurkan untuk penderita diabetes, seperti mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi, rendah lemak dan kalori dengan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian utuh. Pengurangan berat badan juga dapat membantu mengendalikan gula darah dan mendatangkan berbagai manfaat kesehatan lain.



Berikut contoh pilihan makanan untuk penderita diabetes :
  1. Karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes bisa didapatkan dari nasi merah, oatmeal, roti dan sereal dari biji-bijian utuh. Kurangi mengkonsumsi nasi putih dan roti putih, karena dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.
  2. Protein bisa didapatkan dari  daging dan ikan tanpa lemak yang dikukus, direbus, dipanggang dan dibakar, tahu kukus atau rebus dan telur. Jangan terlalu sering mengkonsumsi daging atau ikan yang digoreng, kulit ayam, keju, tahu goring, pisang goring dan makanan-makanan yang digoreng lainnya.
  3. Sayuran adalah sumber serat yang baik untuk kesehatan, penderita diabetes sebaiknya mengkonsumsi sayuran yang diolah denga cara direbus, dikukus, dipanggang atau dikonsumsi mentah, sayuran yang baik seperti bayam dan brokoli. Hindari mengkonsumsi sayuran yang ditambah saos, keju, dan mentega juga hindari sayuran yang sudah jadi acar.
  4. Buah mengandung serat, vitamin, mineral dan karbohidrat, tetapi memiliki kadar lemak yang rendah. Konsumsilah buah-buah segar, seperti buah ceri, stroberi, anggur apel, jeruk dan Pir. Buah-buahan tersebut juga bisa dibuat Jus buah asli yang tidak ditambahkan pemanis apapun. 
  5. Minuman yang baik untuk penderita diabetes adalah air putih, teh tanpa gula, kopi dengan susu rendah lemak dan pengganti gula ( gula yang dikhususkan untuk penderita diabetes ), minuman cokelat panas tanpa pemanis. Hindari minum tes manis, kopi dengan gula dan krim, minuman bersoda, minuman beralkohol dan minuma penambah stamina ( energy drink ).

Dianjurkan Anda mengkonsumsi makanan buatan sendiri, dengan begitu anda bisa memantau bahan-bahan yang digunakan dan tambahan apa saja yang akan masuk ketubuh. Selalu terapkan pola hidupa sehat dan olah raga yang teratur, Anda juga sebaiknya rutin mengecek kadar gula darah.




Related : 5 Cara Memilih Daftar-daftar Makanan Sehat dan Pantangan Penderita Diabetes

0 Komentar untuk "5 Cara Memilih Daftar-daftar Makanan Sehat dan Pantangan Penderita Diabetes"