Personal blog yang mengupas masalah kesehatan, kecantikan, pelajaran dan masih banyak lagi.

7 Jenis Paragraf Eksposisi dengan Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Lengkap


Paragraf Eksposisi

Merupakan jenis paragraf yang tulisannya memberikan informasi mengenai sebuah teori, teknik, kiat, atau petunjuk sehingga orang yang membacanya akan bertambah wawasan. Paragraf Eksposisi biasanya ditemukan diresep obat, diberita-berita, Koran-koran, dan hal-hal lain yang bisa memberikan informasi dan menambah wawasan pembaca ketika membaca paragraf tersebut.

Ciri-ciri paragraf eksposisi meliputi :
  • Paragraf yang mengandung informasi untuk menambah wawasan pembaca
  • Karya tulis yang bersifat nonfiksi atau ilmiah
  • Bertujuan menjelaskan dan memaparkan sesuatu yang berdasarkan fakta
  • Tidak bermaksud mempengaruhi pembaca

Contoh paragraf eksposisi :

Sutardji  Calzoum Bachri lahir di Rengat, Indragiri Hulu, 24 Juni 1941. Setelah lulus SMA, ia melanjutkan pendidikan ke Fakultas Sosial Politik, Jurusan Administrasi Negara, Universitas Padjajaran, Bandung. Mulanya ia mulai menulis di surat kabar di Bandung, kemudian sajak-sajaknya dimuat dalam majalah Horison, Budaya Jaya, Sinar Harapan, dan Berita Buana. Melalui sajak-sajaknya, Sutardji memperlihatkan diri sebagai pembaharu perpuisian Indonesia. Hal ini dipertegas oleh konsepnya tetang pembebasan kata dari kukungan pengertian dan mengembalikan fungsi kata seperti dalam mantra. Beberapa penghargaan telah ia raih, seperti tahun 1979, ia dianugerahi The South Asia Writer Award atas prestasinya dalam dunia sastra, di Bangkok, Thailand.

Paragraf eksposisi dapat dibagi menjadi 7, yaitu :

1. Paragraf Eksposisi Definisi

Definisi atau sering juga disebut pengertian, sesuai dengan namanya paragraf eksposisi  definisi adalah paragraf yang memberikan pengertian atau penjelasan tentang suatu hal. Paragraf ekposisi definisi seringkali ditemukan dalam kamus, atau buku-buku yang menjelaskan tentang suatu hal atau topik tertentu dengan jelas sampai pembaca memahami topik tersebut.

Ciri-ciri paragraf eksposisi definisi :
  • Paragraf yang menjelaskan tentang pengertian, penjelasan, dan memaparkan suatu hal atau topik
  • Paragraf yang sering ditemukan dibuku-buku pelajaran Fiksi dan Non Fiksi

Contoh Paragraf eksposisi definisi

Diksi atau pilihan kata adalah ketetapan penggunaan suatu kata, yaitu setiap kata memiliki makna tertentu yang berbeda dengan makna kata yang lainnya. Walaupun ada beberapa kata yang sekilas memiliki makna kata yang hampir sama, tetapi sebenarnya masing-masing memiliki perbedaan. Pemilihan kata dapat dikatakan tepat jika kata yang dipilih tersebut mampu melambangkan ide secara utuh, dengan ketentuan-ketentuan yang perlu diperhatikan seperti keumumannya, kehematannya, kesopanannya, dan kebakuannya.

2. Paragraf Eksposisi Proses

Paragraf eksposisi proses adalah paragraf yang memaparkan atau memberikan penjelasan tentang proses cara terjadinya sesuatu atau cara membuat sesuatu, secara terperinci, dan urut dengan langkah-langkah dan proses kerja . Paragraf ini sering ditemukan pada bacaan tentang cara membuat sesuatu seperti cara membuat dan memakai masker dari bahan-bahan alami, cara membuat kue, cara membuat jus dan cara-cara memasak lainnya.

Ciri-ciri paragraf eksposisi proses :
  • Paragraf yang memaparkan atau menjelaskan proses terjadinya sesuatu secara beruntun dan jelas
  • Paragraf yang menjelaskan cara membuat atau memakai sesuatu dengan terperinci dan langkah-langkah yang jelas
  • Paragraf yang banyak ditemukan pada buku-buku bacaan yang menjelaskan cara membuat dan memakai sesuatu, seperti buku-buku resep masakan dan lan-lain.

Contoh paragraf eksposisi proses :

Jeruk nipis adalah bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Cara menggunkannya adalah dengan, siapkan satu buah jeruk nipis lalu potong menjadi empat bagian, lalu peras jeruk nipis hingga mendapatkan cairan yang cukup. Oleskan air perasan ke area bekas jerawat pada kulit. Namun Anda harus berhati-hati agar air jeruk tidak mengenai kulit yang sehat. Diamkan masker jeruk nipis tersebut hingga mengering dengan sendirinya, setelah kering bilas dengan air dingin hingga bersih. Gunakan secara rutin dan teratur sampai berkas jerawat menghilang, itulah cara membuat dan memakai masker jeruk nipis.

3. Paragraf Eksposisi Ilustrasi

Paragraf eksposisi Ilustrasi adalah paragraf yang memaparkan suatu hal atau topik yang berbeda tetapi penjelasannya untuk menghubungkan kesamaan diantara keduanya agar pembaca lebih mudah memahami hal  atau topik yang dibahas tersebut.

Ciri-ciri paragraf eksposisi ilustrasi :
  • Paragraf yang menjelaskan tentang dua hal yang berbeda untuk menghubungkan kesamaan diantara keduanya
  • Paragraf yang menghubungkan kesamaan dua hal yang berbeda, bukan untuk membandingkannya
  • Paragraf yang bisa ditemukan dibuku fiksi dan nonfiksi

Contoh paragraf eksposisi ilustrasi :

Lidah buaya dan pepaya memilki manfaat yang sama bila digunakan pada wajah, yaitu untuk menghilangkan bintik hitam pada wajah. Lidah buaya dapat digunakan untuk menghilangkan bintik hitam diwajah dengan cara patahkan lidah buaya menjadi dua bagian lalu remas-remas, ambil daging lidah buaya lalu oleskan langsung pada bagian wajah yang berbintik hitam, setelah mengering bilas dengan air bersih. Begitu pula dengan pepaya, salah satu khasiatnya adalah untuk menghilangkan bintik hitam pada wajah, dengan cara hancurkan pepaya yang sudah dikupas kulitnya dan dibersihkan, setelah hancur lalu oleskan pada wajah, dan diamkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

4. Paragraf Eksposisi Klasifikasi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang dibuat untuk membagi, mengelompokkan atau mengklasifikasikan sesuatu atau topik ataupun hal tertentu sehingga pembaca dapat mengerti dan memahami informasi yang dimaksud dengan lebih detail. Paragraf eksposisi klasifikasi dapat ditemukan pada buku-buku yang mengelompokkan sesuatu dalam pembahasannya.

Ciri-ciri pargraf eksposisi klasifikasi
  • Paragraf yang dibuat untuk membagi, atau mengelompokkan sesuatu hal atau topik agar pembaca lebih mudah memahami hal atau topik tersebut
  • Paragraf yang bisa ditemukan pada buku-buku fiksi dan nonfiksi yang pembahasannya mengelompokkan suatu hal atau topik

Contoh paragraf eksposisi klasifikasi :

Ada beberapa unsur drama, unsur-unsur drama meliputi unsur pementasan drama dan unsur lakon drama ( unsur cerita ). Unsur pementasan drama dapat dibagi menjadi lima, yaitu (1) lakon drama, (2) pemain atau aktor, (3) pentas, (4) sutradara, (5) penonton, dan unsur lakon drama ( unsur cerita ) dapat dibagi menjadi empat, yaitu (1) perwatakan, (2) dialog, (3) latar, (4) alur.

5. Paragraf Eksposisi Perbandingan

Paragraf Eksposisi perbandingan adalah paragraf yang dibuat untuk menerangkan atau menjelaskan perbandingan antara satu hal dengan yang lainnya. Pada paragraf perbandingan, gagasan utama dikemukakan dengan cara membandingkan dua hal yang memiliki kesamaan misalnya, antara tokoh yang satu dengan tokoh yang lain.

Ciri-ciri paragraf eksposisi perbandingan :
  • Paragraf yang dibuat untuk membandingkan antar satu hal dengan yang lainnya
  • Membahas suatu hal yang bersifat konkret dan diketahui oleh masyarakat umum
  • Bersifat netral atau tidak menjelek-jelekan suatu objek yang sedang dibahas atau didiskusikan.
  • Di dalam paragraf memiliki kata-kata penghubung seperti, jika dibandingkan dengan, seperti halnya, demikian juga, sama dengan, selaras dengan,s esuai dengan, dan lain-lain

Contoh paragraf eksposisi perbandingan :

Seno Gumira Adjidarma merupakan salah satu penulis cerdas dan terbaik Indonesia. Ia adalah cerpenis  Indonesia yang menghasilkan karya-karya cemerlang dan mendapatkan penghargaan dari berbagai instansi, antara lain dari Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa untuk kumpulan cerpen Saksi Mata ( 1995 ) dan penghargaan  South East Asia (SEA) Write Award untuk kumpulan cerpen Dilarang Menyanyi Di kamar Mandi ( 1977 ), karena kecerdasaanya dalam menulis cerpen, dia sering tampil diberbagai talkshow, termasuk acara-acara televisi. Sama halnya dengan Seno Gumira Adjidarma, WS. Rendra juga salah satu penulis cerdas dan terbaik Indonesia namun perbedaannya Ws. Rendra adalah seorang penulis puisi dan mendapatkan julukan “ si Burung Merak “. Selain menulis puisi ia juga terkenal karena kecerdasaanya dalam bermain drama. Dramanya yang mendapatkan penghargaan adalah “Orang-orang diTikungan Jalan “ dram ini ia pentaskan ketika ia SMP dan mendapatkan penghargaan dari Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Yogyakarta. Namun demikian, Seno Gumira Adjidarma dan WS. Rendra merupakan penulis-penulis yang cerdas dibidangnya masing-masing.

6. Paragraf Eksposisi pertentangan

Paragraf eksposisi pertentangan Adalah paragraf yang berisi tentang pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya. Paragraf pertentangan membandingkan dua hal yang berlawanan atau bertentangan dengan menonjolkan perbedaannya saja dan memihak suatu objek.

Ciri-ciri paragraf eksposisi pertentangan
  • Paragraf yang dibuat untuk menjelaskan pertentangan dengan membandingkan dua hal yang berlawanan
  • Memihak kepada salah satu objek  yang menjadi pembahasan
  • Di dalam paragraf memiliki kata hubung yang mempertentangkan dengan ide ataupun gagasan lain yaitu biarpun, walaupun, berbeda, berbeda dengan, akan tetapi, sebaliknya, melainkan, namun, meskipun begitu.

Contoh paragraf eksposisi pertentangan :

Orang yang gemar menabung, pada umunya adalah orang-orang yang menghargai kerja kerasnya untuk mendapatkan uang tersebut. Sebaliknya orang yang tak pernah menabung kebanyakan adalah orang-orang kaya yang bisa dengan mudah mendapatkan uang, mereka terbiasa berpoya-poya dengan uang yang mereka milki, membeli apa saja yang mereka inginkan walaupun sebenarnya mereka tidak membutuhkan barang yang mereka beli tersebut.

7. Paragraf Eksposisi Laporan

Paragraf eksposisi laporan adalah paragraf yang mengemukakan laporan dari sebuah berita atau penelitian tertentu dalam bentuk rincian yang disertai dengan data data yang valid, serta tidak memiliki pendapat satupun di dalamnya, hanya membuat data data yang ada dalam bentuk paragraf. Paragraf eksposisi laporan biasanya ditemukan dilaporan keuangan laporan keuangan, laporan BPJS, atau laporan BPS atau artikel dalam koran yang berhubungan dengan perekonomian atau daftar korban bencana.

Ciri-ciri paragraf eksposisi laporan :

  • Paragraf yang berisi laporan dari sebuah berita atau penelitian
  • Paragraf yang menjelaskan secara rinci dengan data-data yang valid
  • Paragraf yang bisa ditemukan di daftar korban bencana, laporan keuangan dan laporan yang berhubungan dengan perekonamian

Contoh Paragraf eksposisi laporan :

Bus Parawisata “ Solaris Jaya “ jatuh kejurang di Kali Banaran, desa Gondosuli, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu ( 26/02/17 ) malam. Kecelakaan terjadi diduga akibat rem bus yang blong. Bus mengangkut 30 penumpang dari Jawa Timur yang membawa rombongan guru dan keluarga mereka yang berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur, mereka ke Tawangmangu untuk rekreasi ke tempat wisata Grojogan Sewu. Kecelakaan menyebabkan enam korban meninggal dunia, dua penumpang tewas di lokasi, sedangkan empat lainnnya meninggal dalam perjalan menuju rumah sakit, selain korban tewas ada juga korban yang mengalami luka berat dan langsung dibawa ke Puskesmas Tawangmangu.




Related : 7 Jenis Paragraf Eksposisi dengan Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Lengkap

0 Komentar untuk "7 Jenis Paragraf Eksposisi dengan Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Lengkap"